Semenjak mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 1 Desember 2019, kini Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta telah memasuki masa 2 tahun operasionalnya. Banyak capaian maupun terobosan yang ditorehkan LRT Jakarta. Sebagai moda transportasi publik yang juga merupakan anak perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Perseroda), LRT Jakarta terus membuktikan tanggung jawabnya sebagai operator dan perawatan atas asset system LRT secara profesional.
LRT Jakarta fase 1 hadir dengan rute sepanjang 5.8 km dari Kelapa Gading sampai Rawamangun dengan 6 (enam) stasiun jalur layang.
Awal beroperasi rata-rata jumlah penumpang LRTJ mencapai 4500 penumpang per hari yang diperkirakan akan terus meningkat mencapai 7000 orang/hari sesuai target dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun demikian, adanya pandemi Covid-19 sejak bulan Maret 2020 mempengaruhi capaian jumlah penumpang perhari menjadi 800 – 900 orang, hal ini karena operasional LRT Jakarta harus dibatasi untuk jam operasional dan ada aturan pembatasan kapasitas penumpang serta pengaturan jumlah keberangkatan kereta seiring dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan oleh Pemerintah khususnya di wilayah DKI Jakarta.
Berubahnya pola pergerakan warga dalam rangka menjaga protokol kesehatan, diperkirakan juga menjadi salah satu faktor penyebab turunnya pengguna transportasi LRT Jakarta. Penurunan okupansi penumpang juga dirasakan oleh penyelenggara transportasi publik lainnya. Menyikapi hal ini, LRT Jakarta tetap berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi para penggunanya. Service, Quality, dan Safe Operations menjadi prioritas dengan segala penyesuaian yang dilakukan antara lain dengan melakukan disinfeksi kereta di setiap stasiun akhir untuk menjamin higienitas kereta demi kenyamanan penumpang, dan LRT Jakarta secara konsisten menjaga Standar Pelayanan Minimum (SPM) dalam operasionalnya.
Sementara itu, untuk memajukan perkembangan bisnis LRT Jakarta, di masa pandemi ini LRT Jakarta telah melakukan beberapa langkah strategis dengan melakukan penyesuaian skema bisnis untuk mempertahankan hubungan dengan mitra bisnis yang telah ada. Memberikan relaksasi dalam skema pembayaran dan penghapusan biaya sewa sementara waktu adalah langkah yang diambil untuk membuat para penggiat bisnis kecil dan menengah (UMKM) tertarik ikut dalam pengembangan bisnis di seluruh stasiun LRT Jakarta.
Tantangan ke depan, saat ini PT LRT Jakarta diharapkan pemegang saham dapat membangun fase 2 untuk perpanjangan jalur LRTJ. Selain itu LRT Jakarta juga akan mengembangkan Kawasan Transit Oriented Development (TOD), membuka ruang usaha di bidang periklanan, dan pengusahaan jasa perawatan industri kereta api perkotaan. “Kita harus yakin PT LRT Jakarta akan menjadi perusahaan yang besar di masa depan, “End to End Business System” adalah tujuan utamanya, dimana kita akan memulai pembangunan, sembari tetap melakukan pengoperasian serta perawatan” ungkap Hendri Saputra, Direktur Utama PT LRT Jakarta.
Acara peringatan 2 (dua) tahun komersial LRT Jakarta digelar secara sederhana dengan penuh syukur dan khidmat di Stasiun Pegangsaan Dua LRTJ, rangkaian acara berupa doa bersama dan pemotongan tumpeng oleh Hendri Saputra selaku Direktur Utama didampingi jajaran Direksi LRT Jakarta, Adrian Rusmana – Direktur Keuangan dan Pengembangan Bisnis, Aditia Kesuma Negara – Direktur Operasi dan Perawatan, dan Romy Bareno - Komisaris.
Kegiatan ini dihadiri pula oleh Sahabat pengguna layanan LRTJ yang akan mendapatkan sertifikat penghargaan kategori “The Best Loyalty Customer” selama periode 2020-2021. Mereka pun memberikan kesan dan pesan untuk LRTJ agar LRTJ tetap menjaga kualitas layanan yang aman, nyaman, ramah, dan bersahabat. Peringatan 2 (dua) tahun komersial juga dilanjutkan dengan berbagi kebahagiaan bersama para pengemudi Bus Transjakarta, Mikrotrans Jaklingko, tenaga medis, dan petugas pelayanan di sekitar Stasiun LRT Jakarta.
***
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Kurniati |
| Corporate Communication PT LRT Jakarta |
+62 878-8590-0789| kurniati@lrtjakarta.co.id
Situs: https://lrtjakarta.co.id/ Facebook: lrtjkt Instagram: @lrtjkt
Gedung MCC - Depo LRT Jakarta, Jl. Raya Kelapa Nias, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara – 14250